sebuah blog yang mengulas informasi mengenahi tips dan trick dalam bidang otomotif. Mulai dari mesin, kelistrikan, sistem pemindah tenaga dan hal hal lain yang berhubungan dengan otomotif.

Wednesday 1 January 2014

Tips Merawat Baterai Sepeda Motor Agar Lebih Awet

Tips Merawat Baterai Sepeda Motor Agar Lebih Awet- Baterai adalah salah satu komponen utama dalam sepeda motor sebagai penyuplai /sumber listrik pada kelistrikan sepeda motor. Agar baterai tersebut awet atau tahan lama maka perlu dilakukan perawatan. Merawat baterai sepeda motor sebenarnya sangat mudah, anda bisa melakukanya dirumah.
Tips Merawat Baterai Sepeda Motor Agar Lebih Awet
Tips Merawat Baterai Sepeda Motor Agar Lebih Awet

Berikut ini adalah cara merawat baterai sepeda motor agar lebih awet:
1. Karena pengisian baterai sepeda motor menggunakan generatot yang berasal dari motor itu sendiri, maka usahakanlah motor sering dihidupkan. Jangan sampai berhari-hari membiarkan motor dalam kondisi mati.
2. Ketiga pagi hari, usahankanlah untuk menggunakan kick starter.
3. Perhatikanlah jumlah cairan elektrolit di dalam baterai. Apabila volume cairan elektrolit dibawah garis lower maka segera isi kembali. Pengisian cairan elektrolit yang benar adalah berada pada kondisi diantara garis upper dan lower.
4. Perhatikan kondisi terminal baterai. Terminal baterai yang kotor atau berkarat akan menimbulkan hambatan yang tinggi sehingga kinerja sistem kelistrikan tidak optimal. Apabila kotor, lepas kabel positiv dan negatif kemudian bersihkan terminal dengan sikat.
5. Ketika menggunakan electrik starter jangan berlama-lama menekan tombol. Apabila mesin belum hidup, lepaskan dan kemudian dicoba kembali.

Itu tadilah kelima tips untuk  merawat baterai agar lebih awet. Dengan mempraktikan kelima tips tersebut semoga baterai motor anda tetap awet.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tips Merawat Baterai Sepeda Motor Agar Lebih Awet

0 komentar:

Post a Comment