sebuah blog yang mengulas informasi mengenahi tips dan trick dalam bidang otomotif. Mulai dari mesin, kelistrikan, sistem pemindah tenaga dan hal hal lain yang berhubungan dengan otomotif.

Monday 24 February 2014

Cara Merawat Electric Starter Sepeda Motor

Cara Merawat Electric Starter- Penggunaan electric starter memang sangat membantu untuk menghidupkan mesin. Anda tidak susah-susah menggenjot kick starter, dengan sekali pencet sepeda motor langsung jalan. Namun karena lamanya pemakaian terkadang electric starter pun jadi rewel. Ketika tombol starter dipencet, putaran nyendat-nyendat atau bahkan motor starter tidak mau berputar. Nah agar kejadian tersebut tidak terjadi maka electric starter perlu dilakukan perawatan.
Cara Merawat Electric Starter Sepeda Motor
Electric Starter Sepeda Motor 

Electric Starter biasanya menggunakan pengendali negatif. Artinya positif baterai langsung menuju motor starter. Sedangkan tombol sakelar hanya memutus dan menghubungkan aliran negatif. Hal ini memang memiliki banyak keuntungan, namun juga ada sisi negatifnya yaitu di switch, soket dan konektornya sering terjadi kerak untuk itu perlu dibersihkan sehingga kinerja electric starter jadi lancar.

Perawatan Pada Electric Starter Sepeda Motor

1. Bersihkan konektor rangkaian motor starter
Lepas soket (biasanya berwarna merah) yang menuju yang menuju tombol starter. Kemudian bersihkan dengan menggunkan cairan penetran. Hanya dengan menyemprotkanya pada bagian tersebut, kotoran /kerak sudah hilang.
2. Bersihkan Konektor Pada Tombol Starter
Biasanya kerak akan menempel pada tombol starter karena lamanya pemakaian. Untuk itu buka terlebih dahulu dudukan tombol starter dengan menggunakan obeng plus. Gosok dengan menggunakan ampelas halus pada konektornya.
3. Cek Switch Tuas Rem
Pada motor-motor matic untuk menyalakan mesin dengan menggunakan electric starter perlu menekan tuas rem. Hal ini dikarenakan adanya switch atau saklar pada tuas rem. Nah jika motor starter tidak bisa berputar saat tombol ditekan, ceklah kondisi switch tersebut. Caranya dengan menjumper dengan menggunakan kabel. Jika setelah dijumper, dan tombol starter ditekan tetapi motor tidak berputar maka bisa disebabkan switch pada tuas rem tersebut sudah rusak. Switch ini dijual dipasaran dengan harga sekitar 30 ribu.
Cara Merawat Electric Starter Sepeda Motor
membersihkan konektor dengan menggunakan amplas

Nah, setidaknya 3 langkah diatas yang dilakukan agar electric starter bisa bekerja secara optimal. Jadi tunggu apalagi lakukan segera pada sepeda motor anda. Jika 3 hal tersebut sudah dilakukan namun motor starter tetap tidak bisa berputar maka bisa disebabkan oleh aki yang sudah soak atau motor starternya yang sudah rusak.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Merawat Electric Starter Sepeda Motor

0 komentar:

Post a Comment