sebuah blog yang mengulas informasi mengenahi tips dan trick dalam bidang otomotif. Mulai dari mesin, kelistrikan, sistem pemindah tenaga dan hal hal lain yang berhubungan dengan otomotif.

Wednesday 7 May 2014

Penyebab Indikator Bensin Mobil Ngaco Atau Tidak Berfungsi

Banyak para pengendara mobil yang kesal akibat Indikator bensin Mobil yang ngaco alias tidak berfungsi. Bagaimana tidak disaat kita merasa tenang-tenang saja karena jarum indikatornya masih menunjukan pada huruf F, eh tiba-tiba mobil macet. Bukan karena mesinya akan tetapi karena kehabisan bensin. Atau bisa kejadianya malah sebaliknya, disaat kita mau mengisi bahan bakar di SPBU karena indicator bensinya sudah menunjuk ke huruf E, ternyata bensin yang ada di tangki bahan bakar masih penuh.
Penyebab Indikator Bensin Mobil Ngaco Atau Tidak Berfungsi
Indikator Bensin Mobil

Indikator Bensin mobil yang ngaco tidak hanya terjadi pada jenis analog saja, pada jenis digital pun sering terjadi. Lalu apa yang menyebabkan indicator bensin mobil tersebut ngaco? Nah disini saya akan sedikit memberikan penjelasanya. Sebenarnya ada beberapa penyebab yang bisa membuat indicator bensin pada mobil ngaco, diantaranya adalah sebagai berikut:
  1. Pelampung
    Pelampung yang ada didalam tangki memiliki kumparan. Jika usia mobil sudah diatas 5 tahun, kumparan tersebut biasanya sudah mulai melemah. Karena kumparan tersebut digunakan untuk mengirim sinyal indicator yang ada di dashboard maka dampaknya tentu membuat sinyal yang dikirimkan tidak akurat.
  2. Kumparan pada indicator
    Selain di pelampung, di indikatornya sendiri juga memiliki sebuah kumparan. Jika kondisinya sudah lemah tentu jarum yang bergerak tidak akurat atau tidak sesuai dengan sinyal dari pelampung. Bahkan sering juga ditemui kumparan ini putus, akibatnya jarum sama sekali tidak bergerak.
  3. Parkir dalam kondisi menanjak
    Jika kondisi pelampung didalam tangki masih normal, ini tentu tidak menjadi masalah. Namun jika kondisinya sudah agak uzur, maka ketika parkir dalam kondisi menanjak kerap pelampung tidak kembali ke posisi semula. Akibatnya jarum indicator kalau tidak berada di huruf F ya berada di huruf E atau tidak bergerak. Pada jenis digital juga sering terjadi demikian namun kasusnya berbeda. Kalau jenis digital hal tersebut sudah biasa dan tentunya bukan masalah pelampungnya. Sistem digital kurang responsive, adi ketika mobil sudah berjalan beberapa meter maka jarum indicator akan kembali seperti semula.
Nah demikian tadilah beberapa penyebab indicator bensi mobil sering ngaco atau tidak berfungsi. Jadi sebaiknya anda jangan memarkirkan kendaraan anda di tempat yang menanjak agar jarum indicator bensin tetap akurat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Penyebab Indikator Bensin Mobil Ngaco Atau Tidak Berfungsi

0 komentar:

Post a Comment